8 Cara Jitu Mengelola website Bisnis Ampuh
8 Cara Jitu Mengelola website Bisnis Ampuh
Halo...
Halo Apa kabar sahabat luar biasa..., pada kali ini saya
ingin berbagi ilmu yaitu tentang bagaimana cara mengelola website/blog bisnis.
Pada awal posting ini saya merasa sangat bersemangat karena,
blog saya tampil dengan face baru
hehe...”iya dunk so untuk menyambut tahun 2016”
Oke sahabat luar biasa... kembali ke laptopnya... Dalam
mengelola website, hal yang paling utama adalah KETEKUNAN, KESABARAN dan Selalu
Posting hal-hal yang bermanfaat. Kalau kita hanya duduk saja dan menunggu hasil
oh no!! Tidak mungkin... Memiliki website memang ampuh untuk sebagai senjata
kita, tapi jika senjata tidak di asah itu juga sama saja tidak akan terpakai.
Cara yaitu :
- JANGAN MELIHAT DARI 1 SUDUT PANDANG SAJA (Self)
Dalam hal ini saya mengajak
sahabat-sahabat luar biasa untuk jauh-jauh menghilangkan konsep bahwa website
yang sahabat buat itu sudah baik, tapi berpura-puralah menjadi konsumen anda.
Jadi seolah-olah sahabat menjadi orang lain, jangan menjadi diri anda sendiri “yang bisa menilai diri kita adalah orang
lain”
Selanjutnya jawab pertanyaan berikut
:
a.
Apa
yang membuat website/blog sahabat, tertarik untuk di kunjungi?
b.
Mudah
kah, para pengunjung mencerna informasi yang sahabat tuangkan dalam
websit/blog?
c.
Apa
saran yang terbaik untuk website/blog kita?
d.
Apakah
website/blog yang kita tampilkan cukup meyakinkan pengunjung?
Mungkin cukup sulit untuk menjadi
orang lain, sedangkan kita yang membuat website/blog dengan susah payah yang
mungkin menghabiskan waktu, energi dan uang. Jika sahabat sudah sampai ujung,
sahabat bisa juga meminta tolong kepada orang lain untuk menilai/survei ke
website/blog sahabat, bisa minta tolong teman, keluarga, rekan kerja, kekasih
dan lain-lain tapi dengan sarat harus objektif, sehingga sahabat tau dimana
letak kelemahan website/blognya.
- MENDESAIN ULANG/MEMPERCANTIK (but that alone is not enough)
Banyak para pemilik website/blog yang
hanya membiarkan websitenya ngangggur, “tampilannya” mungkin karena malas atau
karena apa saya kurang tau.
“Website bukanlah barang antik yang
semakin lama/jadul/kuno semakin baik”
Coba bayangkan apa yang ada dibenak
para pengunjung jika website/blog, tidak
pernah ada maintenance??
Sebenarnya website/blog ini masih ada
yang kelola nggak sih?..
Agar semua itu tidak terjadi, sahabat
perlu melakukan update. Dan apa saja
sih yang perlu dan wajib di update?
a.
Tampilkan
Setiap artikel atau produk terbaru
Lakukan hal ini secara continue, atau bisa juga saahabat
membuat jadwal update misalkan, 1 minggu sekali wajib update hehe...
b.
Membuat
Banner Penawaran atau Berita terkini
Sebenarnya apa sih yang membuat para
pengunjung kembali? Yaitu dengan terpasangnya banner seperti misal, berita
terkini, momen hari besar “17 agustus, hari bumi, hari anti HIV AIDS dan
lain-lain” itu akan membuat para pengunjung merasa tertarik kembali mengunjungi
website/blog kita.
c.
Testimoni
Dengan melakukan testimoni pelanggan,
sahabat akan mengetahui seberapa besar tingkat
kepuasan publik terhadap website/blog kita, dengan demikian akan
mendongkrak kunjungan ataupun para pengunjung. Kemudian pastikan bahwa apa yang
tertuang dalam website/blog sahabat
benar-benar valid, jangan sampai ada
informasi atau produk yang sudah kadaluarsa karena akan mengurangi tingkat
kepercayaan konsumen sahabat.
- Tampilan (simple display)
Semua orang pasti mengerti, tau, dan
paham bahwa website/blog bisnis harus jelas dan mempuyai informasi yang jelas
serta lengkap. Tetapi taukah sahabat bahwa itu bisa menjadi jebakan/bumerang?
Banyak sekali website/blogyang
memberikan informasi yang jelas dan lengkap namun malah membuat tidak pernah
dibaca? Why??
a.
Takut (Fear)
Karena takut jika ada informasi yang
tertinggal atau takut jika melewatkan sesuatu, orang cenderung memasukan semua
informasi sehinga konsumen malah SULIT untuk mencari informasi yang spesifik “yang
konsumen butuhkan”.
b.
Takut
konsumen tidak paham
Biasanya ini terjadi karena kurang
percaya dengan website/blog nya, sehingga konsumen memutuskan untuk mengikuti
instruksi-instruksi yang panjang dan lama, sehingga konsumen merasa bosan
karena instruksi yang disajikan kurang ringkas, jelas dan tepat.
c.
Takut
tidak bisa meyakinkan
Kebanyakan website/blog bisnis
memberikan banyak kata-kata pada jenis produknya yang sebenarnya jika disadari
itu membuat produk sahabat menjadi rendah di mata konsumen.
Don’t Make Me Think “dalam bukunya Steven Krug”
menyarankan untuk mengurangi separuh kata pada konten yang dituliskan.
Sehingga yang terdapat di konten tersebut hanya
yang penting-penting saja.
Ingat juga! Misalkan bisa jadi orang
yang berkonjung di website/blog sahabat itu orang yang baru pertama kali
datang?. Karena banyak mengandung konten yang tidak terlalu penting, justru
akan membingungkan.
Ini yang menurut saya penting yaitu
Semakin ruwet tampilan website/blog “kaya gado-gado hehe” maka semakin malas orang
membacanya. Dampaknya pengunjung pun semakin banyak “pergi”..
- Mempermudah Konsumen
Yang perlu diakukan untuk mempermudah
konsumen/calon pelanggan melakukan transaksi, yang perlu sahabat lakukan yaitu
ada 3 hal berikut :
a.
Mudah
Menemukan Informasi
Permudah konsumen/calon pelanggan
menemukan konten yang PENTING atau BARU dengan cara meletakan di bagian-bagian
pada website/blog yang mudah dilihat.
b.
Media
Transaksi
Buatlah Formulir pemesanan yang
langsung terhubung dengan email anda. Jadi setiap ada transaksi dari clien, sahabat bisa langsung menanggapi
secepatnya.
c.
Kontak
Anda “Sahabat”
Sahabat perlu mencantumkan nomor
telepon/HP yang valid yang bisa
dihubungi. Lampirkan juga nomor telepon/HP sahabat di setiap konten, posting,
halaman, dan artikel. Berikan juga tautan yang menarik pada infoormasi konak
tersebut.
- Website Bercerita Dirinya Sendiri “Bukan Anda”
Beberapa orang atau para pengusaha
membangun website dengan tujuan menyenangkan semua orang, tetapi terkadang
mereka lupa dengan tujuan awalnya. Kebanyakan para pengusaha/ orang membuat
website/blog menuruti selera dan kesukaanya sendiri. Website yang baik adalah memenuhi kebutuhan
informasi bagi pengunjung. Misalkan sahabat memiliki/membuat website/blog
tentang bisnis jadi website/blog tersebut harus memiliki karakter bisnis atau
paling tidak memiliki informasi/konten tentang bisnis yang di butuhkan oleh
konsumen. Bukan malah yang didapat informasi tentang diri anda bro.. “suka
bakso, alamat FB/TWITTER/RUMAH/PEKERJAAN/STATUS dan lain-lain” hehehe
- Jago Maintenance dan Profesional
Di atas ada kata Maintenance
itu berarti sahabat harus mahir juga
dalam pengolahan templete
website/blog, atau masalah teknis. Atau gunakan layanan hosting terbaik dan
menyediakan dukungan teknis 24 jam. Jadi apalah artinya jika website/blog
sahabat itu sudah baik, menarik, pengunjungnya sudah cukup banyak, tapi hanya 1
kesalahan karena dukungan teknis yang jelek, akhirya tidak dapat diakses dengan
baik saat pengunjung datang “waduhh... oh my GOD”
- Hindari Pengeluaran di Media Sosial
Saat ini Media Sosial seakan menjadi
makanan pokok kita setiap hari “pagi sarapan sosial media, siang juga, dan
malam pun iya”.
Tidak ada yang salah jika sahabat
menggunakan media Sosial Media untuk memperluas jaringan/ pemasaran bisnis, dan
tidak salah juga jika sahabat menginvestasikan dana untuk membayar agensi
digital profesional untuk mengelola media sosial sahabat . JADI APA YANG
SALAH??? Hayo?><:”
Jadi yang SALAH yaitu bukan anda,
bukan Sosial Medianya tetapi sebenarnya tidak ada yang SALAH hehe...! Fokus
Fokus Fokus. Kesalahan yang biasanya terjadi yaitu sahabat terlalu fokus dengan
bagaimana cara untuk kampanye kampanye dan kampanye di media sosial dan LUPA
melakukan update/ pembaharuan dan perbaikan pada website/blog sahabat.
Berkampanye di media sosial memang
bisa meningkatkan awareness atau
setidaknya bisa mengetahui produk.
Informasi di media sosial saja belum
tentu bisa meyakinkan calon pelanggan. Karena mereka akan mengunjungi
website/blog sahabat terlebih dahulu untuk meyakinkan diri sebelum melakukan
transaksi. Jadi benarkan dahulu sistem yang ada dalam website/blog sahabat
kemudian baru melangkah ke tahap berikutya..
- Review, Refresh dan Analisis
Ini yang menurut saya penting yaitu
sahabat perlu bahkan wajib untuk melakukan review terhadap website/blognya
misalkan 1 bulan sekali, untuk melakukan evaluasi performa website/blog
sahabat. Sudah maksimal kah? Ada kerusakan kah? Perlu perbaikan? Jadi penting
sekali untuk melakukan Review, Refresh
dan Analisis.
Jangan lupa untuk melakukan update
harga, penawarn terbaru, ataupun artikel-artikel yang sessuai tren dan
berhubungan dengan website/blog sahabat.
Terimakasih telah menjadi pembaca
yang budiman, karena dengan membaca kita menambah ilmu dan pengetahuan yang
tidak ada ruginya, justru menguntungkan dan itulah kaidah hidup yaitu mencari
tau apa yang belum tau untuk menjadi tau dan jika sudah paham, maka diterapkan
dalam kehidupan. Jadi hidup ini tidak ada yang rugi karena waktu yang berlalu
tidak dapat berputar kembali.. misalkan bisa itu akan merusak sistem hidup
ini.. sekian sahabat luar biasa... salam sukses selalu...
Download Ebooknya di SINI (PDF) google drive
Discussion